Welcome My Pena

Daftar Blog Saya

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

It' mii

Foto saya
aku bukanlah orang yang sempurna, tapi aku ingin melihat hidup ini dengan sempurna..

Minggu, 19 Juni 2011

Musik bisa meningkatkan mood..lhoo

Terapi Musik...

Mengapa kita mendengarkan musik favort saat kita merasa sedih? Mengapa hanya dengan menggumamkan sebuah nada teras begitu natural dan merelakskan? Para ahli mengatakan bahwa beberapa jenis nada, melodi, dan ritme mempengaruhi otak dengan cara yang berbeda dan dapat mempengaruhi mood, level stress, dan bahkan sistem imunitas tubuh. LifestyleRoll - Bagaimana terapi musik bekerja? Saat Anda ingin keluar dari sebuah situasi yang membuat stress atau hanya ingin mempelajari metode relaksasi baru mendengarkan musik dapat mengubah mood dan pola pikir Anda.

Sebenarnya musik telah ribuan tahun digunakan sebagai cara untuk memulihkan energi, meningkatkan mood, dan bahkan menolong proses penyembuhan. Definisi resmi untuk terapi musik adalah "tindakan klinis dan pembuktian yang menggunakan musik untuk mencapai
tujuan individu dengan hubungan teraputik yang dilakukan oleh profesional yang kredensial dan telah menyelesaikan program terapi musik yang diakui," (American Music Therapy Association,2005). Jika Anda menggunakan jasa seorang terapis musik yang profesional, anda dapat mengkomunikasikan bagaimana perasaan Anda dan meningkatkan kondisi pikiran Anda dengan jenis musik dan imaginasi tertentu, menyanyikan lagu tertentu, dan bahkan memainkan instrumen musik kesayangan Anda. Musik dapat mempengaruhi proses penyembuhan karena menghasilkan respon fisik dan emosional. Saat ini Anda dapat mendengarkan berbagai macam jenis musik dengan surara dari insturmen yang berbeda untuk menciptakan perubahan mood yang signifikan. Berikut beberapa jenis musik yang bisa Anda coba:

Musik Bersemangat Untuk Meningkatkan Mood
Merasa sedih atau mood negatif lainnya dapat meningkatkan level stress Anda bahkan membuat Anda sakit secara fisik. Mood yang negatif ini juga dapat memmpengaruhi aktivitas sehari-hari Anda, tapi dengan mendengarkan musik yang bersemangat Anda dapat mengusir mood negatif itu jauh-jauh. Musik-musik inspirasional dan musik 'oldies' yang memiliki irama cepat dapat menjadi pendongkrak mood yang efektif. Jika Anda juga dapat menyanyikannya itu akan lebih baik lagi! Jadi jangan lupa untuk menambahkan daftar lagu di komputer, MP3 player atau iPod Anda untuk menjadi amunisi untuk mood Anda!

Relaksasi dari Timur Jauh
Mangkuk Tibet adalah salah satu alat musik tradisional yang menghasilkan suara yang menenangkan dan mempengaruhi mood Anda. Terapi penyembuhan dari Timur Jauh termasuk musik, aroma terpai, dan olah tubuh, dan mangkuk Tibet adalah sebuah alat yang wajib hadir dalam ruang meditasi dan relaksasi karena kemampuannya untuk menghasilkan energi yang 'membersihkan'dengan suaranya yang kompleks. Menurut salah satu terapis fisik dari Mountain Valley Center di Georgia, Mangkuk Tibet dibuat dari campuran metal yang dipukul dengan sejenis palu agar dapat menghasilkan sejenis suara yang kompleks dan indah dengan harmoni yang indah dengan nada tinggi. Instrumen ini telah digunakan selama ribuan tahun untuk memfasilitasikan relaksasi dan meditasi. Palu yang digunakan untuk instrumen ini digunakan untuk memukul atau menggosok mangkuk Tibet untuk menciptakan melodi.

Effek Dari Musik Klasik
Musik telah lama dihubungan dengan ingatan dan belajar dan melodi kompleks dari musik klasik telah terbukti efektif untuk relaksasi dan meningkatkan ingatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa musik klasik dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar, misalnya musik gubahan Mozart, Beethoven, dan Bach dapat membantu otak untuk menghasilkan sejenis neuron yang dapat membantu tubuh untuk relaks yang kemudian membantu Anda untuk menyerap informasi baru. Jadi jika Anda memiliki masalah dalam mempelajari sesuatu coba dengarkan musik klasik agar otak Anda kembali segar.
from: http://runi-runi.blogspot.com/2009/12/terapi-musik.html

0 komentar:

Posting Komentar